Teknologi dan Internet

Teknologi telah menjadi populer di era globalisasi ini. Teknologi menghasilkan banyak produk-produk yang memudahkan manusia, misalnya alat-alat elektronik. Media massa sekarang lebih banyak menggunakan elektronik. Televisi dan radio, misalnya. Orang-orang mengetahui berita yang ada di dalam dan luar negeri dengan cepat, baik di perkotaan maupun pedesaan.

Selain berita, teknologi telah digunakan di lembaga pendidikan. Internet, yang menghubungkan jaringan-jaringan di seluruh dunia, telah banyak digunakan murid-murid dalam mencari informasi-informasi terkait dengan tugas maupun topik pembelajaran mereka. Internet bisa memperluas akses ke pengetahuan dan orang di seluruh dunia.

Walaupun internet penting, namun internet sering disalahgunakan oleh orang. Website-website pornografi telah banyak tersebar luas. Remaja, baik laki-laki maupun perempuan, telah terkontaminasi dengan yang namanya pornografi. Selain itu, hacking (yang sekarang telah menjadi trend, dengan dijualnya buku-buku cara hacking) juga banyak digunakan orang-orang yang tak bertanggung jawab untuk membobol privasi-privasi individu maupun organisasi.

Apakah kita bisa menyalahkan internet? Mungkin ada yang mengatakan internet tidak baik, tidak ada gunanya. Untuk sisi negatif, mungkin pernyataan itu dapat diterima. Namun, dalam hal sisi positif, pernyataan itu tidak dapat diterima. Internet akan baik jika digunakan orang yang baik, akan buruk jika digunakan orang yang buruk. Jadi, gunakanlah internet dengan bijak.

Referensi : Santrock, John W.(2007).Psikologi Pendidikan Edisi Kedua.Jakarta:Prenada Media Group

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s