Apa Saja Kegiatan Peserta Didik di Dalam Pembelajaran?

Judul di atas akan saya bahas sekarang. Simak baik-baik ya!

Kegiatan atau aktivitas peserta didik di lingkungan pembelajaran menurut Paul B Diedrich meliputi 8, yaitu:

  1. Visual activities, kegiatan yang menggunakan indera mata, seperti membaca, memperhatikan gambar, demonstrasi, dll.
  2. Oral activities, kegiatan yang menggunakan mulut, seperti menyatakan, merumuskan, memberi saran, dll.
  3. Listening activities, kegiatan yang menggunakan pendengaran, seperti mendengarkan uraian, percakapan diskusi, dll.
  4. Writing activities, kegiatan tulis-menulis, seperti menulis cerita, karangan, laporan, test, angket, menyalin.
  5. Drawing activities, kegiatan menggambar, membuat grafik, peta, diagram, pola, dll.
  6. Motor activities, kegiatan motorik, seperti melakukan percobaan, mereparasi, bermain, dll.
  7. Mental activities, kegiatan yang menggunakan mental/jiwa, seperti menganggap, mengingat, memecahkan soal, dll.
  8. Emotional activities, kegiatan yang menggunakan emosional, seperti menaruh minat, merasa bosan, gembira, berani, dll.

Sekian pembahasan tentang pertanyaan tersebut. Semoga bisa bermanfaat. Terima kasih!

Referensi : Munir. (2008). Kurikulum berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s