Taman Kanak-Kanak, Pendidikan Dasar Sebelum Sekolah Dasar

Sekolah taman kanak-kanak adalah sebuah sekolah dimana anak-anak diajarkan untuk belajar menyesuaikan diri dari keluarga ke kehidupan sekolah. Apa sih, tujuan anak balita sekolah di taman kanak-kanak terlebih dahulu sebelum memperoleh pendidikan sekolah dasar? Adapun sepuluh tujuan/sasaran belajar pendidikan prasekolah, yaitu:

  1. Tumbuh Mandiri
    Anak-anak harus mengetahui bahwa dia memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu, serta memiliki kemampuan untuk bertindak sendiri dan bertanggung jawab sendiri. Di sini orang dewasa sangat berperan penting bagi anak-anak.
  2. Belajar Memberi, Berbagi, dan Menerima Kasih Sayang
    Anak – anak perlu mengembangkan kemampuan memberi dan berbagi kasih sayang dengan teman sebayanya dan orang dewasa di lingkungan sekitarnya.
  3. Mampu Bergaul dengan Orang Lain
    Dukungan diperlukan bagi anak-anak untuk belajar bergaul, berinteraksi dengan orang lain.
  4. Belajar Mengontrol Diri
    Disiplin diri, mengarahkan diri/mengatur diri adalah penting. Anak sebaiknya dididik berperilaku tertentu dengan dasar pikiran dan alasan perilaku tersebut.
  5. Belajar Peran Non Seksis
    Guru hendaknya memberi harapan dan menggunakan ucapan – ucapan dukungan bagi anak laki – laki maupun anak perempuan agar mereka dapat mengembangkan kepribadian dan bakat yang dimiliki. Setiap anak memiliki perlakuan dan kesempatan karir yang sama.
  6. Belajar Memahami Badannya Sendiri
    Kesehatan, kebersihan, dan gizi merupakan hal yang penting untuk dipelajari anak – anak.
  7. Belajar dan Latihan Ketrampilan Motorik Halus maupun Besar
    Program pendidikan harus dirancang semenarik mungkin sehingga dapat menantang anak-anak, sekaligus melatih otot – otot besar maupun halusnya.
  8. Mulai Memahami dan Mengontrol Dunia Kebendaan
    Rasa ingin tahu anak, pikiran, penalaran, dan pengumpulan maupun penggunaan informasi perlu dikembangkan, untuk meningkatkan inteligensi anak.
  9. Belajar Kata-Kata Baru dan Memahami Orang Lain
    Anak perlu belajar kata-kata baru dan memahami orang lain.
  10. Mengembangkan Rasa Positif terhadap Hubungan dengan Dunia
    Konsep rasa positif telah berkembang dalam diri anak sejak dini. Pengalaman di sekolah hendaknya menjadi pengalaman yang positif dan bahagia. Bila anak berhasil menamatkan TK dengan rasa positif, maka dia akan dapat menyelesaikan tugas-tugas di sekolah dasar dengan motivasi tinggi.

Referensi : Sukadji, Soetarlinah. 2000. Psikologi Pendidikan dan Psikologi Sekolah. Depok : Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s