Perspektif dan Strategi Pembelajaran Guru yang Baik?

Dalam mengajar, guru harus memiliki perspektif dan strategi yang baik, agar dapat mengontrol kelas dengan baik. Guru yang memiliki perspektif adalah mereka yang berpengalaman dalam pengaturan sekolah dan memiliki struktur konseptual untuk memahami peristiwa di kelas. Maksud dari struktur konseptual adalah sudah menguasai materi pembelajaran dan sifat siswa-siswanya. Guru berpengalaman memiliki perspektif tingkat tinggi dan dapat melihat dengan lebih baik apa yang terjadi di kelas yang diajarkannya.

Selain melihat, guru juga harus memikirkan langkah selanjutnya, yaitu apa yang harus dilakukan mengenai apa yang dilihatnya. Guru yang efektif menggunakan strategi pembelajaran yang efektif pula. Definisi strategi secara luas bermakna rencana, metode, serangkaian cara untuk mencapai tujuan tertentu. Metode biasanya merujuk pada pendekatan pembelajaran (metode kuliah, diskusi, penugasan, dan sebagainya).

Kesimpulannya, guru yang memiliki perspektif dan strategi pembelajaran yang baik adalah guru yang efektif. Jadi, sebelum mengajar, kita harus menyiapkan materi pembelajaran yang lengkap dan baik, kemudian mengontrol kelas dengan baik supaya materi yang disampaikan dapat diserap siswa dengan baik.

Referensi : Danim, Sudarwan. (2010). Pedagogi, Andragogi dan Heutagogi. Bandung: Alfabeta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s