Testimoni UTS Paedagogi

Ada sisi positif dan sisi negatif dalam pelaksanaan UTS online mata kuliah paedagogi ini. Di satu sisi, ujian kali ini dapat membuat mahasiswa (saya sendiri) untuk lebih kritis dalam menjawab, karena dapat menggunakan berbagai pandangan dalam menjawab soal (dari buku atau internet). E-learning yang sekarang mendunia pun akhirnya dapat dipraktekkan di kampus Psikologi USU. Pengalaman juga kami dapatkan, karena ini merupakan pertama kali saya mengerjakan soal ujian secara online. Penghematan kertas dan pengurangan biaya transportasi ke kampus juga menjadi salah satu sisi positif dalam UTS online.

Namun, di sisi lain, bagi mahasiswa yang tidak memiliki laptop/komputer serta tidak memiliki jaringan internet di rumah, diharuskanlah untuk datang ke warnet, atau ke kampus (di Sistem Informasi atau menggunakan wi-fi), sehingga mengeluarkan biaya lebih. Selain itu, tidak adanya pemberitahuan apakah soal selanjutnya telah dikasih atau belum, secara tidak semua mahasiswa memiliki waktu yang penuh di depan laptop/komputer.

Pelaksanaan UTS online otomatis adanya aplikasi TIK dalam dunia pendidikan. Dalam mencari jawaban, kita dapat mencari jawaban di internet dengan searching. Ada pun manfaat-manfaat jika TIK diaplikasikan dalam dunia pendidikan:

  1. Membantu pembuatan koneksi yang memungkinkan siswa untuk masuk dan menjelajahi lingkungan belajar yang baru, mengatasi hambatan jarak dan waktu.
  2. Memfasilitasi pembelajaran bersama dengan memungkinkan siswa untuk bergabung atau menciptakan komunitas pelajar yang memperpanjang kegiatan belajar secara lebih baik di luar kelas.
  3. Membantu dalam penciptaan lingkungan yang menunjang pembelajaran dengan menawarkan sumber daya yang memperhitungkan individu, budaya, atau perbedaan perkembangan.
  4. Meningkatkan kesempatan untuk belajar bagi siswa dengan menawarkan pengalaman virtual dan alat-alat yang menghemat waktu mereka, sehingga memungkinkan mereka belajar lebih lanjut.

Adanya manfaat-manfaat ini mempermudah proses pendidikan sehingga diaplikasikan dalam UTS Online mata kuliah Paedagogi.

Referensi : Danim, Sudarwan. (2010). Pedagogi, Andragogi dan Heutagogi, Bandung: Alfabeta.

One response

  1. ..setiap pilihan selalu ada konsekuensi Dede… dan setiap pengalaman menghasilkan nilai sendiri-sendiri pada effort yang telah didedikasikannya….
    semua akan terlihat indah, ketika kita menyadari bahwa tak selamanya proses dapat dinikmati dan memberikan ‘meaning’ pada pelakunya🙂

    take care Dede…

    April 21, 2012 at 11:07 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s