Evaluasi Kinerja Mata Kuliah Paedagogi

Mata kuliah Paedagogi telah saya jalani selama 1 semester ini. Kalau ditanya ada kesan, pesan, evaluasi, kritik, dan saran, pasti ada donk dalam benak diri masing-masing. Jadi, dalam kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk memberikan hal-hal tersebut.

Kesan :
Dengan tujuan “tidak tahu mau ambil mata kuliah pilihan yang mana”, akhirnya saya pun mencoba untuk mengambil mata kuliah paedagogi. Mata kuliah paedagogi adalah ilmu mempelajari seni dan ilmu mengajar anak-anak (kalau tidak salah XD). Mata kuliah ini bisa saja membosankan bagi saya karena saya adalah salah satu orang yang sangat mudah bosan dengan teori. Dengan dosen pengampu Bu Dina, mata kuliah ini menjadi tidak membosankan karena mata kuliah ini menggunakan sistem e-learning, dimana mahasiswa harus mengolah blog sehingga blog menjadi sebuah sarana untuk penyampaian materi, pengumpulan tugas, dan bahkan menjadi tempat untuk melaksanakan UTS dan UAS.

Pesan :
E-learning tetap harus digunakan sehingga mahasiswa dapat menjelajahi sisi positifnya dunia maya.

Evaluasi :
Sebagai seorang mahasiswa, saya merupakan orang yang pasif (karena kurang percaya diri). Namun, saya selalu ditanya oleh Bu Dina, selalu diminta pendapat-pendapat dari Bu Dina, sehingga saya mau tidak mau harus aktif dalam proses perkuliahan. Jadi, setidaknya saya menjadi “sedikit” lebih berani ketika ingin memberikan pendapat.

Kritik :

  • Hambatan dosen pengampu untuk tidak hadir dalam perkuliahan menyebabkan harus adanya kuliah ganti. Hal ini selain merepotkan dosen, juga akan merepotkan mahasiswa.
  • Dosen pengampu Bu Dian sepertinya tidak pernah mengajar mata kuliah paedagogi. Mungkin ada salah pengetikan kontrak kuliah atau saya yang telat informasi kalau Bu Dian memang tidak mengajar mata kuliah paedagogi.
  • Saya sering telat informasi (bawa laptop, dosen tidak hadir, dll), apalagi kalau informasi yang didapat 1-2 jam sebelum perkuliahan dimulai. Walaupun ada komting yang sudah membantu, saya juga tetap telat informasi.

Saran :

  • Meminimalisir terjadinya kuliah ganti di kemudian hari, sehingga tidak terjadi kerepotan baik bagi dosen pengampu maupun mahasiswa.
  • Mungkin susah untuk memberi informasi langsung kepada mahasiswa (makanya ada komting). Namun, kehadiran komting sudah sangat membantu mahasiswa untuk mendapatkan informasi. Sebaiknya pemberitahuan informasi jauh-jauh hari sebelum perkuliahan dimulai atau deadline.

Sekian saja kesan, pesan, evaluasi, kritik, dan saran saya. Kalau misalnya ada kata-kata yang salah tulis atau tidak menyenangkan hati, saya mohon maaf sebesar-besarnya. Terima kasih untuk Bu Dina yang telah menjadi dosen pengampu kami selama 1 semester ini, kepada anggota kelompok saya yang baik sekali, dan teman-teman yang mengikuti mata kuliah paedagogi. Sampai jumpa di lain waktu (^.^)/.

Leave a Reply

